Selasa, 16 Februari 2016

Mohammed Alim Khan

Kata Mir Mohammed Alim Khan (Сейид Мир Мухаммед Алим-хан; b. 3 Januari 1880 di Bukhara , d. 28 April 1944 di Kabul ) - yang terakhir emir dari Bukhara , yang berasal dari dinasti Mangytów, memerintah di tahun 1910-1920.

Biografi

Di masa mudanya ia bertugas di tentara Rusia . Lalu ia diberikan berbagai daerah dari emirat . Dia mengambil alih kekuasaan setelah kematian ayahnya, Abd al-Ahad Khan (Abdul-Ahad Khan, Abdullachad Khan), 4 Desember 1910 tahun. Hari penobatan perlu waktu 3 Januari 1911 tahun, ketika Muhammad secara resmi diakui oleh Tsar Rusia Nicholas II . Secara formal Muhammad adalah karena pengikut-Nya, dan emirat Kekaisaran Rusia dilakukan protektorat .
Muhammed peduli hubungan baik dengan Tsar dan melestarikan otonomi emirat. Dia mempertahankan kekuasaan absolut, tetapi juga keamanan perbatasan negara. Setelah pecahnya Revolusi Oktober menerima informasi tentang pembatalan oleh Bolshevik perjanjian dengan protektorat Rusia atas emirat. Selama perang sipil di Rusia ia berjanji untuk memperkenalkan reformasi, tapi menarik diri dari tuntutan dan ditekan oposisi, terutama komunis. Ia mengorganisir pertahanan negara terhadap kaum Bolshevik, menarik relawan Turki dan Afghanistan.
Pada bulan September 1920 tahun ke Bukhara masuk Tentara Merah di bawah kepemimpinan Mikhail Frunze , dan Muhammad melarikan diri ke Afghanistan . Ia mengorganisir perang melawan kaum Bolshevik, namun pada tahun 1921 ia dikalahkan. Ia mendukung pemberontakan basmaczy dan Turki Umum Enver Pasha (Enver Pasha). Dia meninggal di pengasingan pada tahun 1944.

kehidupan pribadi

Dia menikah pada tahun 1902 dan memiliki tiga putra: Ibrahim (. B 27 Desember 1903 tahun) Sułtanmurada dan Szahmurada. Dua yang pertama tewas, dan ketiga pergi ke Komunis. Di Afghanistan, ia hidup putrinya Szkuria Raad Alimi - wartawan, yang setelah intervensi Soviet beremigrasi dengan keluarganya ke Amerika Serikat .

Tidak ada komentar: